Andi Sinulingga Membuktikan, Sodetan Ciliwung Proyek Sejak Era SBY yang Gagal Dieksekusi Jokowi dan Ahok

Aktivis kolaborasi warga Jakarta, Andi Sinulingga/Net
Aktivis kolaborasi warga Jakarta, Andi Sinulingga/Net

Pujian Presiden Joko Widodo kepada Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono karena dianggap mampu melanjutkan proyek sodetan Kali Ciliwung ke Kanal Banjir Timur (KBT) masih menuai polemik di masyarakat.


Teranyar, beredar video Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat berbicara tentang proyek sodetan tersebut. Disaksikan oleh Jokowi yang kala itu menjabat sebagai gubernur DKI Jakarta,  SBY menjelaskan alasan sodetan Ciliwung harus dibuat.

SBY juga mengurai akan menggelontorkan dana sekitar Rp 500 miliar dan menargetkan proyek selesai pada pertengahan 2014. Ini karena sodetan Ciliwung adalah prioritas pemerintah.

Video yang beredar ini lantas dikicau ulang oleh aktivis Kolaborasi Warga Jakarta, Andi Sinulingga. Tujuannya, untuk menjelaskan bahwa sodetan Ciliwung itu bukan proyek pemerintah provinsi DKI Jakarta.

“Sodetan Ciliwung itu memang proyeknya pemerintah pusat sejak era SBY,” tegasnya lewat akun Twitter pribadi, Sabtu (28/1).

Andi mengurai bahwa proyek yang bertujuan untuk meminimalisir banjir ibukota itu gagal dieksekusi dengan baik di era Joko Widodo, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, dan Djarot Saiful Hidayat. Ketiganya gagal dalam membebaskan lahan warga yang terdampak. Baru di era Anies Baswedan, proyek bisa kembali dijalankan.

“Bahkan ahok ribut dengan warga sampai ke pengadilan. Anies Gubernur, sengketa masa ahok di-stop, dan mulai lagi bicara baik-baik dengan warga,” urainya.