EMP Siapkan SDM Papua Sambut Era Society 5.0 Lewat Papua Digital Academy

Peluncuran Papua Digital Academy/Ist
Peluncuran Papua Digital Academy/Ist

Papua Digital Academy hadir untuk memberikan bekal bagi anak muda Papua dengan keterampilan menulis, desain infografis, dan desain videografis. Program tersebut diluncurkan oleh Eksponen Muda Papua (EMP).


Ketua Umum EMP, Rahman Patur mengatakan, program itu diluncurkan dalam rangka peningkatan sumber daya manusia (SDM) Papua melalui pengembangan kemampuan dan kompetensi di bidang teknologi dan komunikasi.

"Kami sadar bahwa kesiapan SDM Papua hari ini dalam menyongsong era Society 5.0 masih sangat minim," kata Rahman dalam keterangannya, Rabu (9/11).

"Jangan itu, beradaptasi dengan Industri 4.0 saat ini saja bisa dibilang SDM Papua hari ini masih jauh tertinggal dibanding daerah-daerah lain," imbuhnya.

Rahman menyampaikan, inti program Papua Digital Academy ini adalah memfasilitasi pelajar atau mahasiswa Papua, yang dimulai dari Bali dalam kompetensi digital.

Dia menuturkan, program ini melibatkan praktisi di bidang teknologi digital dan mentor-mentor yang punya pengalaman dalam hal penulisan dan desain digital.

"Untuk itu, harapan besar saya semoga kegiatan ini dapat memberi manfaat bagi pelajar atau mahasiswa Papua di Bali untuk kembali membangun Papua," terangnya.

Untuk tahap awal, Rahman menyebut program ini diluncurkan di empat wilayah. Selain Bali, Papua Digital Academy juga akan diadakan di Tangerang, Bandung, dan Semarang.

Rahman berharap, melalui program ini, pelajar atau mahasiswa Papua berkesempatan mengembangkan kemampuannya dalam hal penguasaan teknologi digital.

"Rencananya akan kami hadirkan juga di beberapa wilayah seperti Malang, Surabaya, Yogyakarta, Makassar, Ambon, Ternate dan daerah-daerah yang banyak pelajar dan mahasiswa Papua di sana," pungkasnya.