Jumat Salam ke-12, BPKAD NTB Dengar Curhatan Warga Desa Toya, Lombok Timur

Program mingguan pemerintah provinsi NTB, Jumat Salam (Jumpai Masyarakat Selesaikan Aneka Persoalan Masyarakat) yang ke-12 digelar di desa Sembalun, Lombok Timur, Jumat (02/02/2024)

Kali ini program tersebut dipadukan dengan Kunjungan Kerja Pangdam IX udayana, Mayjen TNI Harfendi Yang didampingi oleh Danrem 162/WB, Brigjen TNI Agus Bhakti,  Wakapolda NTB,  Pj Bupati Lombok Timur dan seluruh Kepala OPD Provinsi NTB.

Sementara itu Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD)  Provinsi NTB menggelar kunjungan kerja ke Desa Toya Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur. Desa Toya sendiri memiliki luas 1100 hektar dengan penduduknya kurang lebih sekitar 2790 KK 

Rombongan BPKAD Provinsi NTB ini diketuai langsung oleh Sekretaris BPKAD Provinsi NTB Bapak Bowo Susatyo, S.Sos MT. Rombongan ini kemudian menggelar diskusi bersama Kepala desa dan warga setempat.

"Salah satu point diskusinya yaitu saat ini stunting masih menjadi masalah yang masih dihadapi. Pada tahun 2023 terdapat 84 kasus stunting dimana kasus tersebut menurun dibandingkan dengan tahun sebelumnya  sebanyak 250 kasus," ujar Bowo.

Walaupun kasus ini menurun, kata dia, namun harus menjadi perhatian untuk menuntaskan kasus stunting ini.

"Salah satu upayanya adalah mengalokasikan anggaran fungsi kesehatan dalam APBDesa dengan porsi 20% dari total APBDes," kata dia.

Beberapa permasalahan lain yang diungkapkan oleh warga adalah sarana prasarana pengelolaan sampah yang masih belum memadai, perkawinan usia dini serta kelangkaan pupuk bersubsidi.

Terkait dengan permaslahan tersebut, selanjutnya BPKAD Provinsi NTB akan melakukan upaya koordinasi dan kolaborasi dengan instansi terkait untuk mengatasi persoalan di Desa Toya Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur tersebut.

Desa Toya merupakan salah satu desa yang sejak tahun 2022 Desa Toya meraih predikat sebagai desa mandiri bersama 90 desa lainnya dari 254 Desa yang ada di Kab. Lombok Timur, ungkap Kepala Desa Toya Pak Hanan. 

Di Desa Toya terdapat 14 sumber mata air yang menerima berbagai manfaat bagi Desa. Oleh karena itu, Desa Toya saat ini mengembangkan berbagai potensi wisata, salah satu yang menjadi spot andalan adalah objek wisata Luang Gali dan air terjun Tanggek.