Meriah di Lapangan Banteng, PYCH Gelar Gebyar Kemerdekaan dari Papua untuk Indonesia

 Gebyar Kemerdekaan dari Papua untuk Indonesia di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat/Ist
Gebyar Kemerdekaan dari Papua untuk Indonesia di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat/Ist

Papua Youth Creative Hub (PYCH) menggelar Gebyar Kemerdekaan dari Papua untuk Indonesia. Kegiatan dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republik Indonesia itu, berlangsung meriah di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat.


PYCH merupakan organisasi binaan Badan Intelijen Negara (BIN), yang menjadi pusat pengembangan talenta muda Tanah Papua agar menjadi generasi unggul, kreatif, berjiwa pelopor, lincah mengadopsi cara-cara baru dan cepat beradaptasi dengan perkembangan teknologi

Pada acara yang dihadiri setidaknya 1.000 masyarakat, PYCH mengundang para seniman Papua yang berada di Jakarta. Terdapat pertunjukan musik, tari bahkan stand up comedy dari anak muda Papua. Selain itu, ada bazar UMKM Papua yang khusus menjual kuliner maupun cinderamata khas Papua.

"Ini perdana, kami buat kegiatan PYCH bukan di Jayapura, tapi Jakarta dalam rangka gebyar kemerdekaan," ujar personel PYCH Music Band sekaligus Pendamping Tim Music Anak Coment (M.A.C), Julio Faot kepada wartawan, Jumat (18/8).

Julio mengungkapkan alasan di balik terselenggaranya kegiatan PYCH di Jakarta bertepatan dengan salah satu grup musik asal Papua, M.A.C yang dipanggil untuk mengisi acara di Istana Merdeka.

"Kemarin karena ada M.A.C yang dipanggil ke Istana Negara. Sehingga, 18 Agustus kami inisiasi untuk kumpul merayakan kemerdekaan di Jakarta, jadi ini momentum yang pas," tuturnya.

Julio mengaku senang atas antusiasme masyarakat yang hadir terutama rekan-rekannya yang berasal dari Papua yang selama ini merantau ke ibukota.

"Semuanya di sini antusias 100 persen sama-sama dengan kami untuk berkolaborasi, bernyanyi, menari, stand up comedy dan juga kami mengumpulkan buku sebagai donasi untuk teman-teman kami yang ada di Papua," katanya.

Sementara, perwakilan personel grup M.A.C Elmar Mac, Morde Sawaki, Dhimart Ohee merasa senang atas penampilan off air perdananya yang dilakukan di Jakarta.

"Tidak menyangka bisa seramai ini, kita pikir animonya akan biasa saja. Yang jelas kita senang dan bangga," kata Elmar Mac.

Selain PYCH Music Band, dan M.A.C, ada penampilan dari seniman asal Papua lainnya, seperti Frans Sisir, Boi Soa Soa, Ijal Stand Up Comedy, Denny Pigay, Kariting Hitam Dance, Brian Fringkeuw dan Kkajhe.