Progres Pembangunan Smelter di KSB Capai 70%, Miq Gita: Tahun 2025 Bisa Beroperasi

Smelter di KSB, Foto: Istimewa
Smelter di KSB, Foto: Istimewa

Penjabat Gubernur NTB, Lalu Gita Ariadi mengatakan progres pembangunan Smelter PT Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT) di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), telah mencapai 70%.


"Pada saat kunker Presiden RI beberapa bulan yang lalu, progressnya baru mencapai 51%. Kini sudah mencapai 70%," ujar Lalu Gita Ariadi, Sabtu, 28 Oktober 2023.

Miq Gite menjelaskan pembangunan Smelter PT AMNT dan proyek-proyek pembangunan infrastruktur lainnya melibatkan pekerja lokal dengan jumlah pekerja mencapai 20 ribu orang.

Yang mana seluruh pekerja tersebut tersebar di proyek inti pembangunan smelter dan beberapa proyek pendukung  smelter seperti pembangunan PLTU, SWRO, Jetty dan proyek lainnya.

"Dalam kondisi normal yang bekerja mencapai 6 ribuan orang kini dengan banyaknya kegiatan proyek, yang bekerja mencapai 20 ribuan orang," jelas Miq Gite. 

Melihat progress pembangunan smelter yang signifikan, dengan jumlah pekerja yang fantastis tersebut Miq Gite berharap di tahun 2024 pengerjaan smelter bisa tuntas terbangun dan pada tahun 2025, Smelter itu bisa dioperasikan.

Pj Gubernur juga berharap, pembangunan industri lainnya di KSB  segera menyusul sehingga terbentuk Kawasan Industri yang dapat mensejahterakan masyarakat NTB. 

"Semoga 2024 smelter tuntas terbangun dan beroperasi tahun 2025. Semoga industri ikutan lainnya segera menyusul sehingga terbentuk Kawasan Industri di KSB," kata dia.